Sarana Agri

– More Than Agriculture Solution –

Pupuk Organik Plus Biogram

Tinggalkan komentar

Pupuk Biologi Mengandung Bakteri Menguntungkan Tanaman

switch to english version

Biogram mengandung bakteri gram negatif penambat nitrogen seperti Azospirillum sp., dan Azotobacter sp. tak ketinggalan juga pelarut phospat (phospobacteria), dan Kalium, pendegradasi bahan kimia di dalam tanah Bacillus sp. Selain itu ia juga mengandung bakteri Pseudomonas sp. yang berfungsi sebagai pabrik antibiotik tanaman serta meningkatkan penyerapan unsur Fe dan S, Mn, dan K dari lalam tanah agar tersedia untuk tanaman. Mari Kita Bahas satu persatu Kandungan Biogram berikut ini:

1. Azospirillum

Azospirillum selain merupakan penambat nitrogen, juga menghasilkan sekresi berupa fungisida, beberapa enzim walaupun dalam jumlah relatif sedikit. Penggunaan pupuk Azospirillum ini dapat meningkatkan produksi hasil panen dalam jumlah cukup signifikan lho,,,

Kerja bakteri Azospirillum adalah dengan penetrasi pada jaringan akar dan memperbaiki kemampuan penyerapan nitrogen oleh tanaman dari lingkungan di sekitarnya. Selain itu ia juga menghasilkan bahan aktif lain seperti vitamin, asam nikotinik, asam indol asetat, asam giberelat, dan zat pengatur tumbuh lainnya yang membantu tanaman dalam proses pembungaan dan tentu saja mempercepat pertumbuhan tanaman.

2. Azotobacter

Azotobacter merupakan bakteri penambat nitrogen yang hidup bebas di tanah, keberadaannya tergantung ketersediaan bahan organik tanah. Ia berkembang biak di tanah dengan memanfaatkan bahan organik tanah sebagai sumber karbon bagi kehidupannya. Melalui proses biologis penambatan nitrogen, Azotobacter mampu memperbaiki daya serap nitrogen oleh tanaman.

3. Phospobacteria

Phosphobacteria merupakan inokulan bakteri yang mampu mengurai fosfat yang tersedia di alam. Biasanya bakteri yang tergolong dalam Phospobacteria adalah Bacillus megaterium.Phosphobacteria yang bisa diaplikasikan pada seluruh jenis tanaman. Biogram mengandung miliran bakteri ini yang memungkinkan ketersediaan unsur fosfat yang cukup bagi tanaman, terlebih lagi di daerah dengan lahan masam, dimana penggunaan fosfat oleh tanaman dibatasi oleh rendahnya pH dan kurangnya bahan organik tanah.

4. Bacillus sp. dan Pseudomonas sp.

Dua mikroba ini masuk dalam kelompok Rhizobacteria yang dapat berfungsi sebagai pupuk serta mengendalikan beberapa patogen/organisme pengganggu tanaman. Dengan demikian Bacilus sp. dan Pseudomonas sp. dapat meningkatkan resistensi tanaman terhadap penyakit. Selain itu perpaduan kedua bakteri ini dapat mempercepat perkecambahan tanaman dengan merendam bijinya selama 30 menit pada larutan yang mengandung Rhizobacteria ini.

Biogram sangat ramah lingkungan, dengan formulasi cairan ia juga dapat membentuk kondisi yang disukai oleh tanaman. Biogram juga dapat memberikan suplai vitamin, asam amino dan hormon tanaman seperti auksin, giberelin dan sitokinin.

Satu lagi, biogram juga dapat menekan pertumbuhan jamur dan bakteri yang merugikan tanaman.

Secara garis besar Manfaat Biogram Antara Lain :
– Pertumbuhan tanaman lebih baik, batang lebih tegap,
– Mengatasi kasus kekurangan unsur hara makro dan mikro hingga 50% per hektar,
– Meningkatkan produksi hasil panen sampai 15-20%,
– Mengurangi penggunaan pupuk kimia hingga 25%,
– Membantu mengatasi stress tanaman pada saat kondisi iklim buruk,
– Memproduksi vitamin tanaman seperti tiamin, riboflavin, asam nikotinoid, asam pantotenik,
cianacobalamin, dan hormon auksin, giberelin maupun sitokinin,
– Memperkuat kekebalan tanaman terhadap stress dan serangan penyakit jamur dan bakteri.

Adapun cara pakai biogram adalah dengan melarutkan 5 – 10 ml Biogram ke dalam 1 liter air, kemudian dikocorkan merata ke perakaran ataupun dengan penyemprotan ke seluruh bagian tanaman.

download dosis dan cara aplikasi pupuk organik plus biogram disini>>>

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s