Sarana Agri

– More Than Agriculture Solution –

Potasium Klorat (KClO3)

Tinggalkan komentar

booster lengkeng 2

Booster Lengkeng Pemacu Pembuahan Diluar Musim

Repot juga punya pohon lengkeng yang udah berumur tapi ga juga nunjukin buah. Beberapa orang mulai menyalahkan struktur tanah, iklim, bibit yang kurang baik, sampe-sampe berdalih “ooohh tangan lo panas kalee, ga cocok buat tanem-tanem, mending ikut gua aja, ngeramal shio” sembari menenteng-nenteng majalah yang familiar di kalangan dukun.

Beberapa orang lagi akan langsung menebang pohon lengkeng mereka, dan menggantinya dengan tanaman lain. “Weleh, ane beli mahal-mahal, ente malah kaga kasi gue mahar, bebuah keq sepuluh” die nyolot menyalahkan pohon lengkengnya yang udah 5 tahun kaga berbuah juga. Beberapa orang juga mulai kalap dengan kemunculan ahli kelengkeng musiman yang menjajakan jasa membuahkan pohon kelengkeng yang konon katanya dijamin pasti berbuah. Metodenyanya macem-macem. mulai dari menyuntik pohon, ngeborin pohon lengkeng, mengelus-elus pohon kelengkeng dengan serbet basah sampai ada pula yang cukup menggantung botol atau kain berwarna-warni pada pohon kelengkeng customernya yang emang ngakunya udah ikhtiar pake pupuk macem-macem, tapi tidak juga memberikan hasil. Yaah, namanya juga usaha, ga ada salahnya juga sih, asal ga nipu aja.

Dewasa ini mulai berkembang teknologi pembuahan diluar musim, ini berlaku pada tanaman-tanaman keras yang notabene merupakan tanaman buah. Beberapa komoditi tanaman buah ini sudah sangat banyak yang merupakan induksi dari dataran luar negeri seperti Thailand, Malaysia, Australia, Amerika Latin, bahkan Eropa. Banyak diantara tanaman-tanaman hibrid ini dibawa dan dibudidayakan di Indonesia, tetapi beberapa komoditi sepertinya enggan berbuah mengingat Tanah air kita yang luas dan memiliki kontur, iklim, dan kondisi tanah yang berbeda-beda. Katakanlah buah-buahan seperti kelengkeng (longan), beberapa varietas seperti phuantong, puangray, itoh, beaw keaw, srichompu, kaisar, dan lain-lain masih sulit untuk dibuahkan di dataran rendah Indonesia, sementara itu bibit-bibit induksi asing ini sudah bertebaran dimana-mana. Untuk petani yang mengerti pertanian, mungkin mereka dapat mengatasinya dengan teknik pemupukan dan pemberian hormon yang tepat guna mengatur pembuahan. Tapi untuk konsumen rumahan, hobiis, ataupun pemula, mereka akan merasa tidak puas dengan bibit-bibit impor ini, karena bukannya tidak berbuah, tapi tidak mengerti cara membuahkannya.

Tetapi dengan kecanggihan teknologi dan penelitian yang kontinyu dewasa ini, hal ini dapat diatasi dengan keterbukaan informasi dan dunia yang semakin sempit. Beberapa katalis pembuahan tanaman seperti kelengkeng telah banyak dijual, informasi pun bisa diperoleh dimana-mana, hanya tinggal kemauan sajalah yang akan memberikan pencerahan bagi diri sendiri mengenai cara budidaya tanaman buah yang baik.

Salah satu booster kelengkeng koleksi sarana agri saat ini adalah potasium klorat (KClO3). Ia memungkinkan tanaman kelengkeng berbuah di luar musim, dan dengan jumlah yang memadai jika diimbangi dengan unsur-unsur hara tanaman lainnya seperti pupuk, hormon, fungisida, dan lain-lain.

Potasium Klorat (KClO3) adalah substansi kimia yang biasa digunakan untuk pertanian sebagai katalis bagi produksi tanaman khususnya pada fase pembungaan dan pembuahan diluar musim. Potasium klorat (KClO3) dapat dijumpai dalam bentuk kristal putih, tepung tidak berbau, ataupun berbentuk butiran dengan rasa yang asin. Potasium Klorat (KClO3) biasa diproduksi melalui proses kimia dengan meneruskan gas klorin melalui larutan potasium hidroksida pada temperatur yang tinggi, atau dengan meneruskan arus listrik melalui larutan potasium hidroksida pada suhu 50-60’C sehingga larutan tersebut mengkristal.

Potasium Klorat (KClO3) biasanya digunakan pada beragam jenis tanaman buah guna membantu petani memproduksi buah diluar musim, sehingga dengan demikian harga akan lebih tinggi. Manfaat potasium klorat (KClO3) ini ditemukan secara tidak sengaja oleh pembuat kembang api di Cina sekitar tahun 1982 yang menjatuhkan dan mengubur kembang apinya di bawah pohon kelengkeng, kemudian ia mendapati tanaman kelengkengnya berbunga dan menghasilkan buah, padahal pada saat itu sedang tidak musim bagi tanaman kelengkeng untuk berbuah. Kemudian ia bereksperimen dengan menuangkan air kandungan kembang api yang mengandung potasium klorat (KClO3) tadi pada pohon kelengkeng miliknya. Demikianlah sehingga kemudian bahan baku kembang api tadi dikenal secara luas dapat membuat lengkeng berbunga dan mengeluarkan buah walaupun di luar musim.

booster lengkeng 1

Hingga sekarang, beberapa negara di Asia seperti China, Thailand, Myanmar, dan Laos menggunakan potasium klorat (KClO3) secara luas untuk membuahkan tanaman kelengkeng di luar musim. Bahan ini kemudian banyak diimpor dari China, produsen untuk Potasium Klorat (KClO3).

Cara Aplikasinya sangat mudah, cukup gunakan satu sendok makan potasium klorat (KClO3) yang dicampur dengan 5 liter air, kemudian dituangkan di sekitar perakaran kelengkeng atau pada setiap meter persegi, kemudian lihat 20-30 hari kemudian, biasanya akan muncul banyak bunga. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah aplikasi potasium klorat sebaiknya pada saat kondisi daun telah banyak yang tua dan mengeras, aplikasi pada saat kondisi daun kelengkeng masih banyak yang muda akan menyebabkan kurangnya bunga yang dikeluarkan. Serta aplikasi kocor potasium klorat (KClO3), sebaiknya diikuti dengan pemangkasan cabang-cabang yang tidak produktif. Untuk mengimbangi penggunaan boster lengkeng Potasium klorat, anda dapat mengaplikasikan pupuk kandang dan NPK mutiara seminggu setelahnya.

Selain varietas induksi luar negeri, lengkeng-lengkeng dataran rendah seperti diamond river, pingpong, aroma durian, kristalin dan lain-lain juga bisa diaplikasikan dengan potasium klorat (KClO3), tentunya untuk tujuan membuahkannya diluar musim, atau jika anda ingin selalu melihat kelengkeng anda berbuah.

PERHATIAN: Untuk menghindari risiko penggunaan, gunakan sarung tangan karet, masker, dan kacamata saat mengaplikasikan potasium klorat pada tanaman kelengkeng anda.

  • cek stok/beli lewat SMS/Telpon 0821 5209 9938
  • pilih produk langsung dari toko kami di sebelah kanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s