Sarana Agri

– More Than Agriculture Solution –

Siklon 5,7WG

Tinggalkan komentar

siklon

Cikal Bakal Manajemen Pengendalian Hama Terpadu

Bahan aktif Emamektin yang menjadi bahasan kita berikut ini sebenarnya telah digunakan secara luas di seluruh dunia untuk mengendalikan hama dari golongan lepidoptera. Hama dari golongan ini biasanya berupa serangga yang mengalami tahapan sebagai larva berbentuk ulat bulu dan setelah dewasa memiliki sayap di kedua sisi tubuhnya termasuk kupu-kupu, ngengat, dan kupu-kupu kecil dari golongan hesperiidae. Dengan dosis yang sangat rendah, dan frekuensi pemakaian yang rendah pula, bahan aktif emamektin telah menjelma menjadi primadona di kalangan petani khususnya di Amerika Serikat Jepang, Kanada, dan Taiwan.

famili hesperiidae foto : www.susanleachsnyder.com

hama dari famili hesperiidae
foto : http://www.susanleachsnyder.com

Sekilas sejarah hadirnya emamektin berawal dari hasil sampingan bakteri yang dikenal sebagai Streptomyces avermitilis, senyawa ini dikenal sebagai avermektin yang sangat beracun terhadap golongan nematoda, arthropoda, dan beberapa golongan hama lainnya. Garam benzoat yang terdapat di dalam emamektin telah ditemukan tersebar luas digunakan sebagai insektisida dan telah terdaftar di beberapa negara untuk mengendalikan hama penggerek batang pohon yang biasanya digunakan sebagai bahan baku beberapa produk kayu di Amerika Serikat dan Eropa. Emamektin diturunkan dari avermektin B1 yang juga dikenal sebagai abamektin, Produk-produk abamektin yang kita kenal sudah banyak diantaranya agrimec 18EC, demolish 18EC, Starmek 18EC, dan Centamec 36EC (Wikipedia).

Emamektin benzoat merupakan insektisida dengan mekanisme kerja baru yang spesifik, memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap hama golongan lepidoptera dan dikenal toleran terhadap serangga-serangga lain yang menguntungkan tanaman. Molekulnya akan bekerja secara kontak jika tertelan oleh serangga sasaran. Ia langsung melakukan penetrasi ke dalam jaringan daun yang kita telah kenali sebagai aktivitas translaminar, dan akhirnya membentuk parit atau waduk kecil di dalam jaringan daun sebagai sarana penghantar bahan aktifnya.

hama ordo lepidoptera foto : www.backyardnature.net

hama dari ordo lepidoptera
foto : http://www.backyardnature.net

Sama halnya dengan abamektin, emamektin benzoat digunakan dalam dosis yang sangat kecil dalam dunia pertanian. Emamektin benzoat memang diformulasikan untuk menangani berbagai jenis hama lepidoptera pada setiap tingkat metamorfosisnya. Pada tanaman hortikultura, perkebunan, dan tanaman pangan, penggunaan emamektin benzoat terbukti aman sebagai insektisida selektif dalam tatanan ekologi.

Penelitian DL Cox et.al (unpubl) menunjukkan bahwa aplikasi emamektin pada rumput alfalfa (pakan ternak) dan seledri sangat efisien dalam mengatasi hama dari golongan artropoda seperti belalang, semut, dan kumbang, tetapi pada beberapa serangga menguntungkan seperti lalat jala hijau, dan kumbang ladybeetle, agen penyerbuk ini menjadi sangat toleran terhadap residu basah emamektin yang tertinggal di daun.

Demikian pula pada penelitian Kok et al.(1996) yang menunjukkan bahwa emamektin hidroklorida (MK-243) memiliki efek mematikan yang sangat kecil terhadap dua jenis serangga dari ordo himenoptera (tawon) yang menjadi parasit bagi hama ulat bulu. Dengan demikian, Emamektin benzoat sangat cocok dengan program Manajemen Hama Terpadu (IPM) bagi beberapa komoditi tanaman produksi baik sayuran, pangan, maupun perkebunan.

Siklon 5,7WG diformulasi dari bahan aktif emamektin benzoat yang digunakan untuk mengendalikan hama bawang merah seperti penggorok daun dan ulat grayak. Selain itu anjuran penggunaan pada hama tanaman cabai seperti kutu daun dan penggerek buah.

Penggerek Buah Cabai foto : www.export.biocontrol.ch

Penggerek Buah Cabai
foto : http://www.export.biocontrol.ch

Selain itu Siklon 5,7WG dapat digunakan untuk semua tanaman sayuran sebagai pengendali hama Lepidoptera pada setiap tingkat metamorfosa sejak dari ulat bulu hingga menjadi ngengat. Takaran penggunaan relatif sangat kecil yaitu 0,1ml/liter. Artinya anda dapat memperoleh kira-kira 16 tangki sprayer setiap kemasan Siklon 5,7WG 25 gram. Cukup dengan takaran 1,5 gram per tangki sprayer anda.@ariyoso

  • cek stok/beli lewat SMS/Telpon 0821 5209 9938
  • pilih produk langsung dari toko kami di sebelah kanan.

Sumber :

  • I, Degheele. D. 2013.  Insecticides With Novel Mode Of Action : Mechanism and Application.  Springer Science & Business Media: Berlin.
  • A, Sacchetti. M. 2008.  Emamectine Benzoate: New Insecticide Against Helicoverpa armigera.  Commun Agric Appl Biol Sci.  PubMed – indexed for MEDLINE
  • Emamectin: Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Emamectin. Diakses pada 8 Juni 2016 pukul 22.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s