Sarana Agri

– More Than Agriculture Solution –

Logran 75WG

1 Komentar

 

logran-saragri1

Herbisida Biji Rumput

“Pak beres digelebek sawahnya mesti diapain pak, ditanemi ya pak” tanya bapak husen petani padi yang ingin mengusung teknik Hazton, lalu saya menjawab, “jangan dulu pak, kan masih banyak airnya tuh, semprot dulu pake racun biji rumput atau buah rumput”. Ya begitulah petani kami menyebut biji rumput sebagai buah rumput, “emang bisa mati pak bijinya?” sambung pak husen lagi, “bisa pak, asal airnya dimasukkin dulu ke dalam petak sawah, agar merata dan air sebagai perantaranya” timpal saya. “Trus racun biji rumput yang bagus apa pak?cara nyemprotnya gimana?” sambung pak husen lagi dengan setengah melongo. “Racun biji di tempat saya ada yang namanya logran pak, cukup satu tangki 1 bungkus, bisa untuk kira-kira 20 meter persegi petakan sawah, tapi jangan lupa ya pak, petaknya diairi dulu” jawab saya, “ooohhh, ngarti pak klo gitu, oya pak trus bisa ditanemin lahannya kapan pak, apakah boleh langsung?” tanya beliau lagi, saya jawab lagi “boleh pak, tapi sebaiknya tunggu prosesnya sekitar 3 – 4 hari, baru boleh ditandur padinya, bahan aktif logran kan perlu bekerja pak, gimana…”

Lalu dengan wajah cerah pak husen kembali pulang entah apa yang ada di benaknya, mungkin ia akan langsung mengaplikasikan logran 75WG ke sawahnya atau ia bermimpi-mimpi jikalau ia menemukan setumpuk emas di ladang yang ia garap. Demikian sekelumit dialog saya dengan petani padi yang bertanya caranya mengakali rumput agar lama tumbuh ketika menanam padi, ketika rumput tertekan pertumbuhannya, maka padi kita akan menang berkompetisi, sehingga rumput akan enggan berkembang.

Logran 75WG dilengkapi dengan bahan aktif triasulfuron 75% adalah herbisida selektif, ia masuk melalui daun dan akar dan menyebar ke seluruh jaringan meristem tanaman. Cara kerjanya adalah dengan menghambat biosintesis dari asam amino esensial valin dan isoleusin, dimana pembelahan sel dan pertumbuhan tanaman dihentikan. Dengan demikian tanpa pembelahan sel, rumput tidak bisa berkembang, dan bahkan biji rumputpun tak kunjung bertunas.

Untuk beberapa tanaman seperti padi, gandum, kakao, karet, jarak pagar, jagung, maupun kelapa sawit. Triasulfuron dapat digunakan sebelum ataupun pasca penanaman. Bahan aktif ini memiliki tingkat toksisitas yang rendah terhadap mamalia, tapi ia memiliki tingkat toksisitas tinggi terhadap tanaman air, oleh karena itu aplikasi pada padi sawah akan lebih efektif jika terdapat genangan air.

Untuk aplikasi di padi sawah, cukup gunakan 1 sachet logran 1,5 gram dalam satu tangki sprayer 15 ataupun 16 liter. Untuk tanaman perkebunan dan gulma secara umum, campurkan logran dengan herbisida kontak maupun sistemik.

  • cek stok/beli lewat SMS/Telpon 0821 5209 9938
  • pilih produk langsung dari toko kami di sebelah kanan.

One thought on “Logran 75WG

  1. Siang pak, mau tanya pak. Klo benih padi berupa biji padi sebelum ditanam ditahan, disemprot logran bisa gk pak. Takutnya biji padi ikut rusak pak.tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s