Sarana Agri

– More Than Agriculture Solution –

Benlox 50WP

6 Komentar

benlox

Pelindung Tanaman Sejak Dini dari Pathogen Tanah

benlox

Pernah suatu kali seorang petani bertanya kepada saya, “gimana pak, saya nanem bawang, tapi dalam kondisi hujan, ga bisa subur pak, terus daunnya itu rusak-rusak, kuning, trus mati…obat apa yang manjur ya pak?”, dalam hati saya berfikir pasti bercak ungu atau antraknosa neh, obat apa gerangan yang akan saya berikan,,asal ambil saja dari rak fungisida bertitel Benlox 50WP dengan bahan aktif benomyl, saya berpikir fungisida sistemik cukuplah agar anakan yang akan keluar ga kena infeksi bercak ungu lagi, ditambah dengan giberelin sintetik Gibgro 10SP sebagai pemacu tumbuhnya. Sim-salabim, beberapa minggu kemudian, tetangga si ibu tadi datang kembali dengan berita gembira, “cari Benlox pak, tetangga saya pake obat itu buat bawang hasilnya bagus, daunnya hijau dan tidak ada yang rusak”,,nah lo dalam hati saya berpikir, padahal gua juga asal comot aja tuh obat, ternyata manjur, jadilah sampe sekarang fungisida bernama Benlox 50WP tadi laris manis tanjung kimpur, benlox digempur, untungpun ngebanjur.

Hingga sekarang Benlox 50WP laku terjual pada petani bawang terutama bawang daun tanpa ada keraguan.Itulah sekelumit keberuntungan sebagai player pestisida yang tadinya menjual fungisida ini untuk layu fusarium, tetapi ternyata ampuh juga untuk penyakit bercak ungu pada bawang, bahkan baru-baru ini penyakit blas dan kresek pada padipun turut diatasi oleh fungisida golongan benzimidazole ini. Benomyl sebagai bahan aktif pertama kali dilaporkan sebagai fungisida atau racun jamur pada tahun 1968 dan diperkenalkan ke pasaran pada tahun 1971 oleh perusahaan paman Sam DuPont dengan nama dagang Benlate.

Fungisida ini bekerja secara sistemik, melawan infeksi jamur baik bagi tanaman pangan, buah-buahan, kacang-kacangan, tanaman hias, maupun tanaman keras. Benomyl diformulasikan dalam bentuk tepung maupun granul, bahkan di Negara Janisari dan Ibnu Sina, Turki, benomyl digunakan terutama untuk mengendalikan penyakit blas pada padi yang disebabkan oleh Pyriculae oryzae. Anda boleh mencoba efektivitasnya pada tanaman padi dengan aplikasi pada awal masa tanam atau dengan perendaman benih. Perlu diketahui bahwa perlakuan fungisida dengan perendaman benih akan lebih banyak terkonsentrasi pada perkembangan dan perlindungan akar, strategis sekali untuk pertahanan terhadap pathogen tanah bukan??Sebagai fungisida sistemik, benomyl akan masuk ke dalam pori-pori daun dan diserap hingga ke dalam sel tanaman.

Metabolit utama benomyl adalah agen anti fungal yang disebut karbendazim, ia akan melindung secara preventif dinding-dinding sel tanaman dari infeksi jamur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aplikasi benomyl terhadap tanaman dapat mengatasi penyakit layu fusarium dan beberapa infeksi jamur lainnya. Menurut Chanon dan Thomson (1973) penyakit layu fusarium pada tanaman tomat dapat dikendalikan dengan benomyl melalui aplikasi kocor di sekitar perakaran. Beberapa varian Pseudomonas pada famili solanaceae juga dapat dikendalikan dengan aplikasi benomyl, terutama dengan kocor akar dan perendaman benih. Beberapa mikroorganisme tanah juga dilaporkan akan memiliki efek antagonis terhadap pseudomonas dan ralstonia penyebab penyakit layu pada tanaman (El-Abyad et al., 1996).

Berikut ini adalah penggunaan terdaftar untuk fungisida Benlox 50WP berdasarkan official website dari PT.DGW;

Kacang tanah
Penyakit bercak daun :
Cercospora arachidicola (0,5 – 1 g/l)
Cercospora personata (0,25 – 0,5 g/l)

Apel
Penyakit embun tepung : Podosphaera leucotricha (1,5 – 2,25 g/l)

Bawang merah
Penyakit antraknosa : Colletotrichum circinans (1,5 – 2,25 g/l)

Cabai
Penyakit bercak daun : Cercospora capsici (1,5 – 2,25 g/l)

Semangka
Penyakit antraknosa : Colletotrichum lagenarium (2 – 3 g/l)

Karet
Penyakit bidang sadap : Ceratocystis fimbriata (1 – 1,5 g/l)

Padi
Penyakit blast : Pyricularia oryzae (2 g/l)
Hawar daun : Xanthomonas oryzae (2 g/l)

Kubis
Busuk hitam: Xanthomonas campestris (2 g/l)
penyakit rebah semai : Pythium spp. (2 g/l)

Cabai
Fusarium: Fusarium oxysporum (2 g/l)
penyakit rebah semai : Pythium spp. (2 g/l)

Pembibitan Kelapa Sawit
Bercak daun: Curcularia maculans (4 g/l)

Tomat
penyakit rebah semai : Pythium spp. (2 g/l)

Tembakau
Penyakit embun tepung : Oidium tabaci (2 g/l)

Nah, cukup banyak ternyata penyakit yang bisa dikendalikan oleh fungisida berbahan aktif benomyl ini. Benlox 50WP juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengendalikan penyakit yang berasal dari tanah (soilborne disease) seperti jamur putih tomat, akar gada lobak, hawar daun cabai, busuk daun kubis, rebah semai, layu fusarium, dan lain-lain. Pesan sekarang juga Benlox 50WP sebelum terlambat, perlakuan pada tanaman sejak dini atau dari semaian akan memberikan perlindungan lebih baik setelah tanaman dewasa.

  • cek stok/beli lewat SMS/Telpon 0821 5209 9938
  • pilih produk langsung dari toko kami di sebelah kanan.

6 thoughts on “Benlox 50WP

  1. pak mau nanya, untuk penyakit hama kutu putih pada labu siam obat nya apa?, makasih pak sebelumnya,, mhn bls an nya ke no hp sy 085317976371

    • kutu putih sekarang agak sulit dikendalikan pak, mungkin sudah banyak daerah yang resisten, bapak bisa aja coba aplikasikan bio pestisida, misalnya metarizeb atau pestona secara rutin

  2. maaf pak mau nanya,, untuk kasus penyakit hama kutu putih pada labu siam, obat nya apa yah pak?, makasih pak

    • kutu putih kebanyakan sudah resisten pak,,jika kimia tidak mempan bapak bisa coba cari produk bio-insektisida atau pestisida organik pak,,kita punya produk bio-insektisida klo mau coba, itu udah dicoba efektif pak melawan kutu putih,,call atau sms ke 0821 5209 9938

  3. maaf pak mau tanya,, apa benlox yang sudah expired masih bagus digunakan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s