Sarana Agri

– More Than Agriculture Solution –

Dupont Lannate 25 WP

33 Komentar

lannate 25

Insektisida dengan Penetrasi Translaminar

Efektif atau tidaknya racun hama (insektisida) yang kita gunakan ditunjang oleh beberapa faktor seperti dosis dan waktu aplikasi, atau faktor alam seperti cuaca, angin, kelembaban, intensitas cahaya dan banyak lagi faktor lainnya. Beberapa hama juga terkenal sangat sulit untuk dikendalikan karena posisi mereka yang tersembunyi, beberapa hama dari golongan penghisap dikenal seringkali bersembunyi di bawah daun. “Gampang Pak, kalo gitu masalahnya, tinggal semprot saja dari atas dan dari bawah dengan cara memainkan nozzle tangki semprot kita,” celetuk salah seorang petani sewaktu kami melakukan beberapa demo. Tetapi jika lahan yang diperlakukan tersebut sangat luas, berapa waktu kita untuk membolak-balik nozzle semprot hingga bagian atas dan bawah daun sukses tersemprot??cape deeehh paakk..

Beberapa merk insektisida telah dibekali dengan kemampuan translaminar, salah satunya adalah DupontTM Lannate® 25 WP.  DupontTM Lannate® 25 WP merupakan insektisida sistemik racun kontak dan lambung dalam bentuk bubuk berwarna hijau. Tentunya insektisida berbahan aktif metomil 25% ini telah akrab di telinga anda dengan kemampuan mengendalikan hama pada beberapa tanaman sayuran seperti bawang merah, kacang hijau, kubis, kapas, tebu, teh, tembakau dan tomat.

Translaminar adalah kemampuan bahan aktif insektisida untuk melakukan penetrasi ke dalam kutikula daun hingga ke jaringan daun di bawahnya tempat dimana larva dan hama golongan penghisap berada. Dengan kemampuan ini insektisida dapat melakukan pengendalian hama hingga ke bawah daun yang tersembunyi dengan aplikasi penyemprotan hanya di atasnya saja. Gambar berikut akan menjelaskan ilustrasi tersebut.

untitled

Hasil penelitian teranyar dari Dupont pada ulat kubis (Plutela xylostela) menunjukkan pergerakan translaminar yang sangat baik pada daun tanaman kubis. Lannate® diaplikasikan pada permukaan daun atas, sehari setelah itu larva dari ulat kubis diletakkan di bagian bawah daun. Setelah 72 jam larva mati tanpa sempat memakan bagian-bagian daun. Penelitian ini menunjukkan bahwa pergerakan translaminar dapat menghemat dosis insektisida dan volume semprot, karena efek ini menunjukkan bahwa insektisida tidak akan terbawa angin ataupun tercuci oleh hujan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa Lannate® sangat efektif dalam mengendalikan hama penghisap kutu hitam (Aphys gossypii) dan kutu daun (Myzus persicae). Aplikasi pada tanaman cabai dengan meletakkan 30 hama aphid di bawah 3 helai daun yang diberi perlakuan sehari setelah penyemprotan Lannate®. Setelah 72 jam terlihat bahwa dengan volume semprot yang rendah (konsentrasi tinggi) dapat menghasilkan penetrasi yang sempurna sehingga dapat mengendalikan hama aphid hingga 100 persen.

Aphis-gossypii

Aphis gossypii

thMyzus persicae

Dari kedua hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pergerakan translaminar insektisida pada daun dapat menjangkau dan mengendalikan hama yang bersembunyi di bawah permukaan daun. Lannate® merupakan salah satu insektisida yang memiliki kelebihan ini sehingga aplikasi pada tanaman tidak mudah terdegradasi oleh sinar ultraviolet ataupun tercuci hujan.

Sumber:

du Pont den Nemours And Company.  2008.  Technical Information Update.  The Translaminar Movement of Dupont Lanate® And Vydate® Insecticides in Leaves.

33 thoughts on “Dupont Lannate 25 WP

  1. Dalam pencampuran insektisida lannate(karbamat) bisa dicampur dengan insektisida golongan apa?trims

  2. Untuk halaman rumah yang nggak terlalu luas dengan tanaman sayur-sayuran, takaran pakai insektisida ini berapa ya Pak/Bu kalo dicampur dengan air? Terimakasih🙂

  3. sejauh mana residual efek jika diaplikasikan untuk sayuran 1 bulan menjelang panen.

  4. 1 tangki isi 15 liter, sebaiknya berapa gram dupont lanante yang digunakan..

  5. Untuk cabai skala hobby bagusnya berapa waktu jarak penyemprotan dlm 1bln? Apa bila mau di konsumsi bagusnya brp hr setelah penyemprotan?

  6. kalau untuk tanaman jahe berapa gram per liternya pak?

  7. penyemprotan berapa hari sekali / berapa minggu sekali pak?

  8. Jika untuk tanaman mawar bisa gak?

  9. pak kalo utk padi brapa gram/ liter utk lannate 40 sp

  10. pak apakah dupont lannate 25 wp bisa atasi bemisia tabaci/ kutu kebul ?

  11. Apakah bisa diaplikasikan pada hama walangsangit,dan apa ada dampak negatif pada proses pengisian bulir padi

  12. apakah lanet biru bisa dicampur fungsida

  13. Kebanyakan insektisida itu cuma bisa mematikan satu macam hama………. obat apa yang bisa mematikan segala macam hama.

  14. Batas aman di konsumsi setelah di semprot lannate

  15. Saya punya pohon jambu madu, tapi daun muda nya habis dimakan oleh ulat. Kira kira lannet mana yg lebih bagus utk mengendalikan ulat daun tersebut pak, apakah lannet 25WP atau lannet 40WP? Dan berapa dosis perliternya pak? Terima kasih.

  16. klok untuk racun rumput yang bgus untuk padi ap?

  17. Mau tanya pak, tanaman loncang saya terkena hama lalat penggorok daun sy semprot pake dupont lannate 25 wp kok gam mati sih pak hamanya padahal sy semprot 2 hari berturut turut krna yg pertama sy smprot paginya hamanya masih hidup, pake apa ya pak yg cocok?

  18. Mau nanya mas,,tanaman jagung saya berusia kira2 hampir 1bulan,,tpi daun nya ada yang robek2 gitu,,itu masalahnya apa ya dan solusi nya gmna,thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s