Sarana Agri

– More Than Agriculture Solution –

Budidaya Wortel

Tinggalkan komentar

Latin: Daucus carota

Inggris: Carrot

Cultivar: kuroda, pusaka, ideal, red judy, red sky

 

Persiapan Lahan

Tanah dicangkul hingga 40 cm atau lebih kemudian dibiarkan kena sinar matahari langsung, tambahkan pupuk kandang sebanyak 1,5 kg/m2. Bedengan disiapkan dengan tinggi 15 cm, lebar 100 cm, panjang disesuaikan dengan lahan serta jarak antar bedengan sekitar 40 cm. Pada bedengan dibuat parit dengan lebar 15 cm dan kedalaman 25 cm, serta jarak antar 40 cm. isi dengan pupuk kandang sebanyak 1 genggam untuk 10 meter.

Penanaman

Buat garis memanjang pada barisan yang telah diberi pupuk kandang, taburkan pada alur tersebut biji wortel yang telah dicampur pupuk kandang agar penebarannya merata dan tidak tumbuh berhimpitan. Tutup kembali biji yang dialur dengan pupuk kandang setebal 1 cm, lalu tutup dengan jerami atau daun pisang, kemudian dibuka setelah tanaman tumbuh.

Pupuk pertama diberikan pada saat penanaman dengan cara ditabur pada alur memanjang dengan jarak 5 cm dari posisi tanam. Perkiraan dan dosis pemupukan dapat dilihat pada table berikut:

Umur

Urea

SP-36

KCl

Kg/Ha/Musim Tanam

Sebelum Tanam

249

311

112

4 minggu setelah tanam

124

56

6 minggu setelah tanam

124

56

Pemeliharaan

Penyiraman dilakukan terus menerus hingga biji berkecambah. Kemudian penjarangan dilakukan untuk tanaman yang tumbuh rapat, sehingga diperkirakan jarak tanamnya 5 cm. Lakukan juga penyiangan gulma dan pembumbunan pangkal umbi yang kelihatan di permukaan tanah. Pemupukan tambahan ke dua dilakukan pada umur 1-1,5 bulan terdiri dari urea 50 kg/ha, dan KCl 20 kg/ha dengan cara dialur 5 cm dari tanaman.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian dilakukan bila perlu saja, jika serangan ditemukan atau telah melebihi ambang batas. Beberapa pestisida yang bias digunakan adalah decis 25 EC dan Antracol 70 WP.

Panen

Umumnya panen dilakukan pada umur 3 bulan tergantung varietas. Saat panen yang tepat dengan melihat keadaan umbi agar tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s