Sarana Agri

– More Than Agriculture Solution –

Budidaya Tomat

2 Komentar

Latin: Lycopersicon esculentum

Inggris: Tomatoes

Cultivar: Tymoti F1, Lentana F1

Persemaian

Rumah bibit dipersiapkan dari bambu dengan atap palstik. Lebar 1,2 m, tinggi bagian depan 1,5 m dan belakan 1 m, panjang sesuaikan dengan keperluan. Di dalam rumah bibit dibuat bangku dari bambu atau kayu untuk meletakkan panel bibit.

Siapkan tray semai, kertas tissue yang mudah menyerap air, sprayer 1lt, dan pinset. Letakkan 3-5 lapis kertas tissue ke dalam tray semai kemudian basahi dengan air secukupnya.

Benih sebanyak 75-100 biji ditebar diatas kertas tissue yang telah dibasahi tadi. Kemudian tray semai ditutup biarkan selama 3-4 hari di tempat yang tidak terkena cahaya langsung. Pertahankan agar tissue selalu lembab.

Pindah Tanam

Isi panel atau polybag semai dengan media sampai penuh, kemudian basahi dengan air. Benih yang sidah berkecambah pindahkan dari tray semai ke panel atau polybag semai dengan jumlah 1 benih setiap lubang. Simpan panel atau polybag ke dalam rumah bibit sampai 4-6 minggu atau siap tanam.

Persiapan Lahan

Tanah dicangkul dan dibuat bedengan berukuran 2 m, panjang disesuaikan dengan lahan. Tinggi bedeng dibuat 30 cm digunakan sebagai tempat pemeliharaan. Diatas bedengan ditaburi pupuk kandang 15 ton/ha, kemudian aduk rata dengan tanah. Rapikan kembali tanah bedengan dengan ditutup mulsa plastic hitam perak, kemudian kunci mulsa agar tidak sobel terbawa angina

Penanaman

Lubangi plastic dengan diameter 10 cm pada jarak tanam, dengan 2 baris tanaman per bedeng berjarak 30 cm antar bedengan dan 70 cm jarak tanaman dalam barisan.

Penanaman dilakukan pada bibit yang sudah berumur 4-6 minggu atau telah memiliki 3-5 daun. Tiap lubang diisi dengan satu bibit dan dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak akar atau daun tanaman.

Penyulaman atau penggantian tanaman yang kurang baik pertumbuhannya dilakukan pada satu minggu setelah tanam.

Pemberian ajir dilakukan 3-4 minggu setelah tanam. Ajir yang digunakan dapat terbuat dari bambu atau kayu 2 x 100 cm, ditancapkan 10 cm dari pohon, ditanamkan dalam tanah sedalam 20-30 cm dengan posisi miring keluar.

Pengikatan tanaman pada ajir dilakukan pada umur 3-4 minggu setelah tanam dengan tali plastik/raffia.

Perlu dilakukan perwiwilan dengan membuang tunas air di bawah percabangan pada umur 4-6 minggu setelah tanam agar buah tidak kerdil dan masaknya tidak terlambat.

Penyiangan gulma dilakukan tergantung pertumbuhan gulma minimal 2 minggu sekali.

Penyiraman dilakukan pada saat berbunga selama 2 hari sekali.

Pemupukan Tambahan

Pemupukan tambahan dilakukan dimulai pada saat tanaman berumur 2 minggu dengan rekomendasi untuk tanah mineral dengan tingkat kandungan P dan K sedang (Maynard and Hoomuth, 1999, dalam Susila, 2006).

Umur

Urea

SP-36

KCl

Kg/Ha/Musim Tanam

Sebelum Tanam

199

311

90

2 Minggu setelah tanam

100

45

5 minggu setelah tanam

100

45

7 minggu setelah tanam

100

45

Panen dan Pasca Panen

Panen pertama dapat dilakukan mulai 3 bulan setelah tanam kemudian setiap 7 hari sekali. Saat panen buah jangan terlalu masak agar dapat disimpan lama, buah yang sudah dipanen segera disortir (dipisahkan) berdasarkan grade yang sesuai dengan permintaan pasar.

Hama dan Penyakit

Pengendalian dilakukan bila perlu saja jika terlihat adanya serangan hama atau penyakit. Hama yang biasa menyerang tomat adalah kutu, penggorok daun, leafminers, ulat buah, dan lalat penusuk dapat dikendalikan dengan insektisida Marshall 200EC dengan dosis 1 – 2 ml/liter yang diselingi dengan Sevin 85SP dengan dosis 1,5-2 mg/lt atau Lanate 40WP dengan dosis 1 mg/lt. Sedangkan penyakit yang biasa menyerang tanaman tomat antara lain bercak kering, hawar daun, busuk daun, dan busuk buah dapat dicegah dengan fungisida seperti benlox dengan dosis 1 mg/liter atau Dithane M-45 pada saat umur 7-14 hari dengan interval pemberian 7 hari sekali.

2 thoughts on “Budidaya Tomat

  1. Pak saya mau beli macam2 bibit spt : tomat yang saset kecil, selada, terong,dll yang mencapai pembelian Rp100.000,- boleh nggK Ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s