Sarana Agri

– More Than Agriculture Solution –

Budidaya Pakchoy

Tinggalkan komentar

Latin: Brassica rapa cv. Pakchoy

Inggris: Pakchoy

Cultivar : Nauli F1

Pembibitan

Pembibitan dilakukan dengan penaburan benih pada bedengan lalu ditutup tanah setebal 1-2 cm, kemudian disiram dengan sprayer atau gembor. Benih akan tumbuh dalam waktu 3-4 hari. Pemindahan ke bedengan tanam setelah berdaun 3-5 helai.

Persiapan Lahan

Tanah bedengan yang sudah disiapkan digemburkan dan bersih serta tidak boleh ternaungi. Penggemburan tanah dilakukan dengan pemberian pupuk kandang sebagai pupuk dasar, sebaiknya dilakukan 2-4 minggu sebelum bibit ditanam.

Lebar bedengan diatur sepanjang 120 cm, sesuai ukuran petak tanah dengan tinggi 20-30 cm. Perkiraan dosis dan waktu aplikasi pemberian pupuk tambahan dapat dilihat pada table berikut.

Pemupukan tanaman pakchoy dapat dilakukan pada 3 minggu setelah tanam. Adapun rekomendasi pupuk untuk pakchoy pada tanah mineral dengan tingkat kandungan P dan K sedang (Maynard and Hoomuth, 1999, dalam Susila, 2006).

Umur

Urea

ZA

SP-36

KCl

Sebelum tanam

187

311

112

3 minggu setelah tanam

187

112

Penanaman

Pilih bibit yang batangnya tumbuh tegak dan daun hijau segar serta yang tidak terserang hama atau penyakit. Buat lubang tanam dengan ukuran 4-8 x 6-10 cm, pindahkan bibit ke lubang tanam dan kemudian rapikan.

Penyiraman dilakukan teratur terutama pada musim kemarau. Lakukan penjarangan tanaman pada usia 2 minggu setelah tanam, dan lakukan penyulaman tanaman yang mati jika perlu. Penyiangan gulma dapat dilakukan 2-4 kali selama masa tanam.

Hama dan Penyakit

Hama yang biasa menyerang antara lain ulat, thritip, siput, dan cacing bulu. Pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian pestisida yang tepat seperti matador 25EC, ataupun Dursband 200EC. Bila ditemukan serangan dalam jumlah cukup besar dapat disemprot dengan Agrimec 18EC, Demolish 18EC, maupun Ampligo 150ZC dengan dosis sesuai anjuran. Sedangkan penyakit yang biasa menyerang adalah bakteri, virus dan jamur dapat dicegah dengan penyemprotan fungisida yang tepat seperti Amistartop 325SC, atau Antracol 70WP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s