Filia 525 SE

filia 525 SE

Amblaskan Penyakit Blas Padi

Penyakit blas disebabkan oleh jamur Pyriculae oryzae yang ditandai dengan serangan pada daun yang berupa bercak-bercak berbentuk seperti belah ketupat dengan ujung runcing. Pusat bercak berwarna kelabu atau keputih-putihan dan biasanya mempunyai tepi coklat atau coklat kemerahan. Gejala penyakit blas yang khas adalah busuknya ujung tangkai malai yang disebut busuk leher (neck rot). Tangkai malai yang busuk mudah patah dan menyebabkan gabah hampa. Pada gabah yang sakit terdapat bercak-bercak kecil yang bulat (Balai Besar Penelitian Tanaman Padi).

95px-Rice_blast

blas daun padi

 

5390479

Blas Leher padi

Penyakit Blas padi dapat dikendalikan dengan Filia 525SE yang dipersenjatai dengan dua bahan aktif yang unik.

1. Propikonazol

bahan aktif ini berfungsi untuk mengaktifkan sistem pertahanan penyakit tanaman padi dengan merubah hubungan tanaman-patogen menjadi hubungan yang menguntungkan bagi tanaman padi. Mekanisme kerja bahan ini tidak mengganggu metabolisme pertumbuhan tanaman padi, ia hanya mengaktifkan enzim phenilalanine ammonia-lyase, peroksidase dan polyphenoloksidase sebagai barier bagi kerja jamur penyebab blas padi.

2. Trisiklazol

Trisiklazol merupakan fungisida aktif di dalam Filia 525SE yang berfungsi secara sistemik mengendalikan jamur penyebab blas padi. Cara kerjanya adalah menghambat perkembangan spora jamur penyebab penyakit.

Selain itu produk fungisida produksi PT.Syngenta ini juga dapat membuat tanaman padi lebih hijau dan penampakan batang yang lebih kokoh, berguna sekali pada musim angin. Penggunaan yang disarankan adalah pada umur 20, 30, 40, dan 60 hari setelah tanam. Dengan kombinasi dua bahan aktif pilihan ia juga dapat mengendalikan penyakit hawar pelepah, dan penyakit pada bulir padi. Disamping itu, hasil padi juga akan meningkat drastis. Harga Filia 525SE untuk kemasan 250 ml adalah Rp 113.000,-

Beli Filia 525SE langsung silahkan SMS/BBM/WhatsApp,

atau ingin lebih aman dan praktis : 

Tagged with: , , , , , , ,
Ditulis dalam galeri agri
45 comments on “Filia 525 SE
  1. Cak tubi mengatakan:

    Mudah mudahan produk syngenta bisa meningkatkan pendapatan petani

  2. H.SULAEMAN mengatakan:

    kok cuman dua seh??….bahas fungisida yg lainnya dwong…kan banyak tuh?? kl bisa dg penelitian keunggulan, kekurangan, waktu aplikasi dan dosis pemakaiannya…mksh

  3. utomo mengatakan:

    Untuk Herbisida squad 200 SL sy blm pernah coba, sudah sy coba NOMINEE nggak ingat dari produk mana, tapi hasilnya bagus semua tumbuhan selain padi mati. Tapi pertumbuhan Padinya masih terlihat terganggu. Terlihat dari perbedaan yg kelewatan tidak kena semprot,padinya lebih tinggi dari yg terkena semprot/herbisida. Saya menginginkan yg efektif tanpa mengganggu pertumbuhan padinya. Trimakasih.

    • saranaagri mengatakan:

      ooohh,,maksud bapak herbi purna tumbuh untuk padi pak..,memang padi akan terlihat stress, apalagi bapak menggunakan dosis tinggi,,yang penting penggunaannya ga lebih dari 35 ml/tangki untuk dosis tinggi, mudah2an stress padinya akan berkurang…bapak bisa coba aplikasi ABA atau Abolisi

    • Sukimin mengatakan:

      Saya sudah pake nominee bagus Pak, bahkan pake dosis berlebih padinya sama sekali tidak terpengaruh. Beda sekali dengan herbisida 2,4 D. Kalau mau bagus lagi padinya semprot pake Topsin SC bulir padinya tambah padat gak gampang pecah kalau digiling. Sya lupa nama pabriknya tapi produk itu saya pakai terus untuk padi.

  4. yopi.p mengatakan:

    pak saya mau taya,apakah apah filia bisa untuk mengobati hama kresek atau blas,jam brapa berapa baikya kita menyemprotkaya,dn bisakah filia bisa di campur dengan gandasil.

  5. Wong tani.. mengatakan:

    Mengobati BLas pada daun padi….apakah FILLIA benar-benar mampu mengatasinya….?
    Mohon balas cpt

    terimakasih…

  6. obat filia dpat d campur dengan obat lain???
    untuk mengendalikan penyakit blas

  7. Thosuro mengatakan:

    Obat filia memang bisa mengendalikan/mengurai potong leher pada malai padi

  8. denny mengatakan:

    besok aku mau beli ,krna pdi aku dah umur 59 HST&berapa hrga nya FILIA pak..?sedangkan ALIKA berapa..?

  9. tidar mengatakan:

    klo untuk rumput jawan Pyzero pak jagoannya tidak ada pengaruh sedikitpun pada tanaman padi..

  10. aryo mengatakan:

    Apakah filia bisa dicampur dgn virtako obat sundep bosss masalahnya obatnya sama2 mahal takut mengurangi kasiat obatnya?

  11. aziz mengatakan:

    apakah filia bisa dicampur dengan obat walang sangit(obat sikat),,mhn blsannya

    • saranaagri mengatakan:

      bisa aja pak,,filia bisa diaplikasi bersamaan dengan insektisida lain, anjuran saya bisa dengan alika, regent, atau centador

      • sugeng m mengatakan:

        Fungisida apa yang paling tepat untuk kresek?Sebelumnya Terima kasih atas pencerahannya

      • saranaagri mengatakan:

        kresek bisa gunakan bahan fungisida mancozeb pak,,hanya perlu diperhatikan frekuensi penggunaannya (biasanya 4 hari sekali)..jika sudah terkena kresek bapak harus buang dan bakar buah yang terkena, kemudian semprot dengan fungisida berbahan mancozeb setiap hari hingga berkurang..

  12. Jul mengatakan:

    Ass . Mau tnya apakh filia bza dgnkn pd tnman lain . Sperti mntmun dan lain2 nya . Trmksh

  13. mamat mengatakan:

    Fillia bisa di campur dengan kuproxat ngga. Mulai umur berapa tnmn padi di semprot pestisida. Terima ksh

    • saranaagri mengatakan:

      sebaiknya digilir aja pak mamat,,interval per minggu,,hasilnya akan bagus,,,untuk umur bebas aja pak penyemprotannya,,beberapa hari setelah pindah tanampun baik,,

  14. Iful mengatakan:

    Apakah filia bisa untuk busuk batang padi, busuk upih, hawar pelepah, dan apa saja fungsinya dari fungisida yg satu ini ! Soalnya yg tertulis kan cuman utk blast ehh ternyata bisa juga menjadikan batang kokoh katanya!!! Apa iya ???

  15. Iful mengatakan:

    Katanya juga yg tertulis di labelnya menambah hasil padi, aduh jadi bingung mana ini informasi yg benar, tolong penjelasannya yg detail !

  16. Bagia mengatakan:

    Pak minta recomendasi,…obat apa aja digunakan utuk blas pada padi,…padi saya bru 40 hst sudah mulai bercak didaun dan dengan cpt meluas…mhn bantuannya….

  17. Biyant mengatakan:

    Virtako bahan aktif timetoksam (golongan triazol, neonikotinoid) filia bahan aktif propikonazol (golongan triazol).
    Dua pestisida yang bahan aktifnya satu golongan apa tidak beresiko bila di campur pak.

  18. Rio Prasetyo mengatakan:

    numpang nanya pak, apakah fungisida murtox 520sc jg ampuh dalam mengatasi penyakit blast pada padi? Mohon penjelasannya dong. Terimakasih

  19. anto tani mengatakan:

    padi saya kayak kena semprot racun pembakar pak.apa bisa filia megatasinya?

  20. agus mengatakan:

    pak saya menggunakan fillia aplikasi 5X umur 30 40 50 60 70 dan padi saya bgus, apkah nanti tidak terjadi resistensi pak? trimksih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Order dan Pertanyaan

e-mail : saranaagri@gmail.com
sms only : 0896 1257 1343 (hari kerja)
pin BB : 229572B9 (ariyoso)
WhatsApp : 0896 1257 1343

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 291 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: