Sarana Agri

– More Than Agriculture Solution –

Budidaya Caisin

Tinggalkan komentar

Latin: Brasica rapa cv.caisin

Inggris: Caisin

Cultivar: Tosakan, Shinta, Single Stem, Regency

Dua minggu sebelum tabur benih, bedengan ditaburi dengan 2 kg pupuk kandang yang telah dicampur dengan 20 gr urea, 10 gr SP-36, dan 7,5 gr KCl. Setelah itu benih ditebar di atas bedengan dan ditutupi dengan tanah tipis-tipis. Penyiraman hendaknya dilakukan dengan sprayer, benih yang baik akan tumbuh dalam 3-5 hari. Setelah penyemaian benih yang sudah berdaun 2-3 helai (2-3 minggu setelah biji disemaikan) tanaman dapat disimpan ke dalam tempat semai hingga siap tanam sekitar 3-4 minggu.

Pengolahan Tanah

Tanah dicangkul dan dibuat bedeng berukuran 120 cm dan tinggi bedeng 20-30 cm, jarang antar bedeng adalah 30 cm. Kemudian di atas bedeng ditaburi dengan pupuk kandang dan diaduk dengan tanah hingga rata.

Penanaman

Jarak tanam yang digunakan adalah jarak ganda (2 baris per tanaman) dengan jarak tanam 40×40 cm atau 20×20 cm. Penanaman dilakukan pada bibit yang berumur 3-4 minggu atau sudah mempunyai 3-5 helai daun.

Pemeliharaan

Penyiraman selalu dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman dan iklim sejak semai hingga dewasa. Penyiangan gulma atau rumput liar biasanya dilakukan 2 minggu sekali sesuai pertumbuhan gulma dilakukan sekaligus dengan penggemburan tanah.

Pemupukan

Pemberian pupuk biasanya dilakukan 3 minggu setelah tanam dengan cara penaburan dalam larikan yang kemudian ditutup kembali dengan tanah. Rekomendasi pupuk untuk caisin menurut Maynard and Hoomuth (1999) adalah sebagai berikut:

Umur

Urea

SP36

ZA

KCl

Kg/hektar/musim tanam

Sebelum Tanam

187

311

112

3 minggu setelah tanam

187

112

Panen

Panen sayur caisin dapat dilakukan pada umur 40-50 hari setelah penanaman atau 7 minggu setelah tanam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s