Sarana Agri

– More Than Agriculture Solution –

Budidaya Cabai

Tinggalkan komentar

Latin: Capsicum anuum

      Inggris: Chili         

Cultivar: Seta Super, Taruna, Cakra Putih, Bara (rawit), Laris, Tanamo (keriting)

Persemaian

Siapkan rumah bibit yang terbuat dari bambu atau kayu dengan atap plastik dengan lebar 1,2 meter dan tinggi bagian depan 1,5 meter serta bagian belakang 1 meter. Di dalam rumah bibit dibuat bangku dari kayu atau bambu untuk meletakkan tempat bibit.

Siapkan kotak semai yang terbuat dari bahan plastik atau mika yang bisa ditutup agar tetap lembab. Media semai yang digunakan adalah campuran pupuk kandang steril dan arang sekam (1:1).

Penyemaian benih dilakukan dengan meletakkan 2-5 lapis kertas tisu ke dalam kotak semai, kemudian basahi dengan air secukupnya. Benih sebanyak 75-100 biji ditebar diatas kertas tisu yang telah dibasahi, kemudian kotak semai ditutup dan biarkan selama 3-4 hari di tempat yang tidak terkena cahaya langsung. Kertas tisu pertahankan agar tetap dalam keadaan lembab.

Kemudian benih yang telah berkecambah dipindahkan ke dalam kotak semai ataupun polybag kecil dengan satu benih untuk setiap lubang tanam. Simpan kotak semai dalam rumah bibit sampai siap tanam (4-5 minggu).

Persiapan lahan

Tanah dicangkul dan dibuat bedeng berukuran 1,2×30 m. Tinggi bedeng sekitar 30 cm, dan jarak antar bedeng 60 cm, digunakan sebagai tempat pemeliharaan. Pada bedengan ditaburi pupuk kandang dan kapur atau dolomit bila tanah terlalu masam kemudian aduk dengan tanah hingga rata. Setelah itu taburi pupuk dasar urea, SP36 dan KCl sesuai dosis pemupukan. Rapihkan bedengan dan tutup dengan mulsa plastik dan kunci mulsa plastik agar tidak terbawa angin atau robek.

Penanaman

Lubangi plastik dengan diameter 10 cm pada jarak tanam yang telah disiapkan yaitu dengan jarak berjajar 60 cm, dan memanjang 50 cm dalam satu bedengan. Penanaman dilakukan pada bibit yang telah berumur 4-5 minggu atau yang telah mempunyai 3-5 daun, dengan 1 bibit per lubang. Pemindahan agar dilakukan dengan hati-hati agar daun dan akarnya tidak rusak.

Pemeliharaan

Penyulaman untuk tanaman yang tidak sehat pertumbuhannya dengan bibit baru yang kira-kira umurnya sama dilakukan pada satu minggu setelah tanam.

Penambahan ajir atau tongkat tanaman dilakukan 7 hari setelah tanam dengan panjang ajir 100×2 cm, ditancapkan 10 cm dari pohon dengan kedalaman 20-30 cm dengan posisi miring keluar. Pengikatan tanaman pada ajir dilakukan pada umur 15 hari setelah tanam dengan tali rafia.

Kemudian setiap tunas air yang akan tumbuh di bawah cabang pertama dipetik, demikian pula dengan bunga pertama dan II setelah cabang pertama dipetik, bungan dan cabang selanjutnya kemudian dipelihara.

Penyiangan dilakukan dua minggu sekali sesuai dengan pertumbuhan gulma. Pengendalian hama dan penyakit dilakukan bila terlihat gejala adanya serangga atau penyakit dengan penyemprotan insektisida CBA FIP 50SC untuk mengendalikan ulat buah, kutu putih, dan kutu daun. Fungisida dithane M-45 80WP diselingi dengan antracol 70WP secara bergantian dengan interval 4 hari sekali digunakan untuk mengendalikan penyakit patek atau antraknosa, pengendalian patek dimulai pada saat tanaman cabai mulai mengeluarkan buah. Adapun untuk mengendalikan tungau penyebab keriting daun stadia awal anda bisa menggunakan insektisida Marshall 200EC, dan untuk serangan hama aphid, keriting dan kutu daun stadia lanjut anda bisa gunakan pegasus 80SC.

Pengendalian awal serangan lalat penusuk buah anda bisa aplikasikan atraktan lalat buah petrogenol, petunjuk pembuatan perangkapnya anda bisa lihat disini>>>

Pemupukan

Perkiraan dosis dan waktu aplikasi pemupukan dapat dilihat pada table berikut ini:

Umur

Urea

SP36

ZA

KCl

Kg/hektar/musim tanam

Sebelum Tanam

199

311

90

2 minggu setelah tanam

75

34

4 minggu setelah tanam

75

34

6 minggu setelah tanam

75

34

8 minggu setelah tanam

75

34

Pemupukan dilakukan dengan cara pemberian dengan melingkarkan sekeliling tanaman 5-7 cm dari tanaman.

Panen

Panen pertama dapat dilakukan mulai 9 minggu setelah tanam, dan panen berikutnya setiap 5-7 hari sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s