Filia 525 SC

Amblaskan Penyakit Blas Padi

Penyakit blas disebabkan oleh jamur Pyriculae oryzae yang ditandai dengan serangan pada daun yang berupa bercak-bercak berbentuk seperti belah ketupat dengan ujung runcing. Pusat bercak berwarna kelabu atau keputih-putihan dan biasanya mempunyai tepi coklat atau coklat kemerahan. Gejala penyakit blas yang khas adalah busuknya ujung tangkai malai yang disebut busuk leher (neck rot). Tangkai malai yang busuk mudah patah dan menyebabkan gabah hampa. Pada gabah yang sakit terdapat bercak-bercak kecil yang bulat (Balai Besar Penelitian Tanaman Padi).

95px-Rice_blast  

5390479

 

Gambar serangan blas padi

Penyakit Blas padi dapat dikendalikan dengan Filia 525SC yang dipersenjatai dengan dua bahan aktif yang unik.

1. Propikonazol

bahan aktif ini berfungsi untuk mengaktifkan sistem pertahanan penyakit tanaman padi dengan merubah hubungan tanaman-patogen menjadi hubungan yang menguntungkan bagi tanaman padi. Mekanisme kerja bahan ini tidak mengganggu metabolisme pertumbuhan tanaman padi, ia hanya mengaktifkan enzim phenilalanine ammonia-lyase, peroksidase dan polyphenoloksidase sebagai barier bagi kerja jamur penyebab blas padi.

2. Trisiklazol

Trisiklazol merupakan fungisida aktif di dalam Filia 525SC yang berfungsi secara sistemik mengendalikan jamur penyebab blas padi. Cara kerjanya adalah menghambat perkembangan spora jamur penyebab penyakit.

Selain itu produk fungisida besutan syngenta ini juga dapat membuat tanaman padi lebih hijau dan penampakan batang yang lebih kokoh, berguna sekali pada musim angin. Penggunaan yang disarankan adalah pada umur 20, 30, 40, dan 60 hari setelah tanam. Dengan kombinasi dua bahan aktif pilihan ia juga dapat mengendalikan penyakit hawar pelepah, dan penyakit pada bulir padi. Disamping itu, hasil padi juga akan meningkat drastis.(@ri)

Produsen
Syngenta
Bahan Aktif

propikonazol 125 g/lt, trisiklazol 400 g/lt

About these ads

19 thoughts on “Filia 525 SC

  1. kok cuman dua seh??….bahas fungisida yg lainnya dwong…kan banyak tuh?? kl bisa dg penelitian keunggulan, kekurangan, waktu aplikasi dan dosis pemakaiannya…mksh

  2. Untuk Herbisida squad 200 SL sy blm pernah coba, sudah sy coba NOMINEE nggak ingat dari produk mana, tapi hasilnya bagus semua tumbuhan selain padi mati. Tapi pertumbuhan Padinya masih terlihat terganggu. Terlihat dari perbedaan yg kelewatan tidak kena semprot,padinya lebih tinggi dari yg terkena semprot/herbisida. Saya menginginkan yg efektif tanpa mengganggu pertumbuhan padinya. Trimakasih.

    • ooohh,,maksud bapak herbi purna tumbuh untuk padi pak..,memang padi akan terlihat stress, apalagi bapak menggunakan dosis tinggi,,yang penting penggunaannya ga lebih dari 35 ml/tangki untuk dosis tinggi, mudah2an stress padinya akan berkurang…bapak bisa coba aplikasi ABA atau Abolisi

    • Saya sudah pake nominee bagus Pak, bahkan pake dosis berlebih padinya sama sekali tidak terpengaruh. Beda sekali dengan herbisida 2,4 D. Kalau mau bagus lagi padinya semprot pake Topsin SC bulir padinya tambah padat gak gampang pecah kalau digiling. Sya lupa nama pabriknya tapi produk itu saya pakai terus untuk padi.

  3. pak saya mau taya,apakah apah filia bisa untuk mengobati hama kresek atau blas,jam brapa berapa baikya kita menyemprotkaya,dn bisakah filia bisa di campur dengan gandasil.

    • filia tidak bisa mengobati kresek pak,,cuma blas daun aja,,selain itu dia lebih banyak berfungsi sebagai ZPT dan melindungi tanaman dari penyakit…kresek bapak bisa menggunakan kuproxat dengan dosis 30 ml/tangki, aplikasi 1 minggu sekali, minimal 3-4 kali penyemprotan…penyemprotan kedua dan sampai terakhir bisa bapak campur dengan pupuk daun seperti gandasil untuk pemulihan tanaman kembali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s