Budidaya Mentimun

Latin: Cucumis sativus

Inggris: Cucumber

Cultivar: Mercy F1, Baby Mentimun 007 F1, Herkules F1, Purbaya F1, Calista F1, Misano F1, Monza F1, Roman F1, Hijau Roket

Persemaian

Letakkan benih dalam kain diatas plastik kemudian plastik digulung dan dibiarkan selama 12 jam. Setelah itu pada benih yang telah berkecambah dapat dilakukan transplanting atau pemindahan ke dalam polybag ukuran 8×10 cm yang telah diisi media semai lalu siram dengan 1 benih untuk setiap polybag. Simpan polybag di tempat yang teduh hingga mentimun siap ditanam, umumnya pada 12-20 hari atau telah berdaun 3-4 helai.

Persiapan Lahan

Tanah diolah dengan bajak atau cangkul sedalam 30-35 cm sambil membalikkan tanah dan biarkan selama 2 minggu. Kemudian buat bedengan dengan lebar 120 cm dan tinggi 40 cm serta beri jarak antar bedengan 30 cm. Taburi bedengan dengan pupuk kandang dengan cara mencampur pukan dengan tanah, Siapkan lubang tanam berukuran 40×40 cm dengan kedalaman 30 cm dan tambahkan 0,5 kg pupuk kandang pada setiap lubang.

Penanaman

Lubang tanam yang disiapkan berjarak 100 cm berjajar, dan 50 cm ke samping dalam satu bedengan dengan kedalaman 20 cm, kemudian bibit yang telah tumbuh dalam polybag dipindahkan ke dalam lubang tanam, dan padatkan tanah di sekitarnya.

Pemeliharaan

Penyulaman tanaman yang kurang baik dilakukan sampai hari ke 15 dan tidak boleh terlambat untuk diganti tanaman baru. Penyiangan gulma dilakukan sesuai dengan kondisi pada bedengan.

Pemberian tongkat sulur atau ajir dapat dilakukan 5 hari setelah penanaman di bedengan dengan ukuran bambu atau kayu 2×100 cm ditancapkan 10 cm dari pohon tanaman.

Penyiraman rutin dilakukan pada pagi dan sore hari pada awal pertumbuhan, selanjutnya hanya dilakukan jika diperlukan saja, dan diintensifkan kembali pada masa pembungaan dan pembuahan.

Daun yang tumbuh terlalu lebat dipangkas, dilakukan 3 minggu setelah tanam pada pagi dan sore hari.

Pemupukan

Pupuk lebih baik diberikan dalam bentuk larutan dan disiramkan pada jarak 10-15 cm dari batang daripada ditebar atau dialur. Perkiraan dosis pemupukan dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Umur

Urea

SP36

ZA

KCl

Kg/hektar/musim tanam

Sebelum Tanam

75

250

72

1 minggu setelah tanam

75

36

2 minggu setelah tanam

75

36

3 minggu setelah tanam

75

36

Panen

Panen dapat dilakukan 42-45 hari penanaman.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s