Budidaya Lobak

Latin: Raphanus sativus

Inggris: Raddish

Cultivar: Raddish No.22

Lobak merupakan sayuran umbi yang dapat tumbuh baik pada dataran tinggi pegunungan ataupun dataran rendah dengan iklim lembab dan dingin. Tanah yang akan ditanami lobak hendaknya gembur, subur atau banyak mengandung bahan organik, kekurangan bahan organik dapat diatasi dengan pemberian pupuk kandang ataupun organik.

Lobak terdiri atas jenis genjah yang berumbi bulat, dengan masa panen relatif singkat antara 25-30 hari, jenis sedang dengan masa panen 40-60 hari, maupun jenis dalam yang berumbi panjang dengan masa panen 60-80 hari setelah tanam. Salah satu cultivar lobak yang digunakan adalah raddish no.22.

Penanaman                         

Tanah yang akan ditanami dibuat bedengan seperti halnya jika akan melalukan penanaman sayuran lainnya. Akhir musim hujan dapat menjadi pilihan tepat untuk melakukan penanaman sayuran umbi ini.

Biji yang tersedia disebar berbaris dalam satu alur bedengan dengan jarak tanam 60×20 cm. Pemanenan daun dapat dilakukan ketika lobak berumur 25 hari setelah tanam. Sedangkat umbi yang ditinggal dapat dipelihara lebih lanjut.

Pemeliharaan

Pemeliharaan lobak dapat dilakukan dengan penjarangan, dan penyiangan. Penjarangan diatur sehingga umbi akar satu dengan yang lainnya tidak berdekatan, maka jaraknya dibuat antara 15 – 20 cm. Pada saat penjarangan dapat juga dilakukan penyiangan gulma atau rumput liar yang tumbuh, hal ini sangat membantu pembesaran dan pertumbuhan umbi.

Pemupukan

Standar pemupukan jika menggunakan bedengan dengan panjang 50 meter dapat dilihat pada table sebagai berikut:

Umur

Urea

SP36

KCl

Kg/hektar/musim tanam

Sebelum Tanam

112

250

90

2 minggu setelah tanam

112

90

Panen

Tanaman lobak dipanen setelah umbinya mencapai ukuran optimal untuk konsumsi, pada dataran rendah biasanya dipanen lebih cepat daripada dataran tinggi.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s